RSS

Istilah-istilah yang sering digunakan pada bahan kaos

05 Dec
Istilah-istilah ini sering terdengar didunia textile terutama yang berhubungan dengan bentuk dan jenis bahan kaos.
 
1. TUBULAR/ CALENDER/ SETTING
. Ketiganya (Tubular/ Calender/ Setting) sama saja, mempunyai arti bahwa bentuk bahan kaos bulat melingkar seperti sarung (sisi kiri kanan bahan tidak berujung). Yang membedakan adalah ; istilah Tubular/Calender untuk bahan Cotton, sedangkan Setting lazimnya untuk bahan Non-Cotton.
Pada umumnya bentuk seperti ini paling banyak digunakan oleh perusahaan Clothing/ Konveksi, karena ketika akan memotong bahan menjadi pola, bentuk bahan ini tidak memerlukan lahan yang terlalu luas ketimbang bentuk openset.
 
2. OPENSET / FINISHING: Cirinya adalah bahan kaos sudah dibelah melebar /horizontal sehingga tidak berbentuk lingkaran (sarung) lagi. Jenis bentuk ini sudah melalui proses lagi sehingga mempunyai serat lebih lurus dan susut kain hampir 0%. Banyak digunakan untuk produk kaos yang mengutamakan kualitas demi mempertahankan branded termasuk untuk kualitas export. Oleh karena itu, bahan tidak akan banyak berubah setelah dicuci.
 
3. MERCERIZED/ NON MERCERIZED:
-MERCERIZED: Serat bahan kaos jadi lebih rapat, warna lebih cerah, susut lebih baik, dan tapi terasa lebih keras dan kaku. Bahan ini banyak dipakai oleh produsen kaos lokal seperti Dagadu, Metalizer, Cressida, IE-BIE, dan lainnya.
– NON MERCERIZED: Bahan ini lebih soft dan lentur ketimbang MERCERIZED. Contoh produk kaos yang memakai bahan ini: Billabong, Quicksilver, Giordano, dan sebagian besar produk pakaian anak-anak dan bayi.
 
4. BIO ENZYM dan BIO COMPACT:
Ini merupakan inovasi dari Non Mercerized. Kedua jenis ini secara teknis bersifat merapuhkan permukaan bahan kaos dengan menggunakan semacam bakteri. Hasilnya penampilan jadi lebih  lembut, bulunya halus dan warna bias lebih cerah.
Kelemahannya adalah tidak awet. Sasarannya adalah konsumen yang tidak mengutamakan keawetan kaos melainkan gengsi, terbukti yang menggunakan produk ini umumnya merk-merk terkenal seperti : Pasific, Billabong, Rusty, Ocean Rip Curl, No Fear, dan lainnya.
 
5. ROTARY PRINT: Prosesnya menggunakan mesin rotary print menghasilkan bahan kaos yang sudah disablon sebelum di dipotong (cutting). Kebanyakan konsumennya adalah produsen garment.
 
6. SPANDEXSeringkali kita mendengar kata Spandex dan bayangan kita langsung melayang ke salah satu bahan kaos. Ini pengertian yang salah. Kenapa ? karena spandex adalah bahan dasar sintetis seperti halnya kapas. Hanya saja spandex ini sengaja dibuat untuk mendapatkan bahan dengan tingkat kelenturan yang tinggi, serat ini kalau ditarik bisa memanjang 5 atau 6 kali dari panjang aslinya. Salah satunya adalah Lycra (merk yang sudah dikenal).Apabila kita ingin menghasilkan katun yang elastis, pada proses pembuatannya harus menggabungkan 2 dasar yaitu bahan katun dan spandex sehingga hasilnya adalah katun spandex, begitupun yang lain.Di dunia  kaos, salah satu contoh nyata dari hasil gabungan tadi adalah “RIB”, dimana RIB ini mempunyai tingkat kelenturan/ elastisitas yang kuat. Oleh karenanya pada bagian yang melingkar seperti leher atau lengan pada kaos yang memerlukan tingkat kelenturan tertentu biasa menggunakan RIB.

Selain itu, spandex bukan hanya ditemukan pada bahan kaos saja, tapi juga pada bahan lainnya seperti untuk kerudung atau pakaian renang yang mempunyai tingkat elastisitas yang baik.

Semoga bermanfaat..
 

Tags: , , , , , ,

3 responses to “Istilah-istilah yang sering digunakan pada bahan kaos

  1. Jodsgn

    25 June 2012 at 19.11

    Kalo mau pesen kaos dengan finishing yang kita tentukan sendiri bisa? Misal sy mau order kaos dengan finishing Meercerized?

     
    • Toko Bahan Kaos

      7 July 2012 at 09.15

      Maaf terlambat membalas sedang gangguan.
      Untuk kuantiti tertentu bisa Mas..

       
  2. Jodsgn

    7 July 2012 at 11.05

    Minimum Qty nya berapa ya? ada kantor nya? Terus apa bisa skalian untuk jasa sablon nya juga?
    bisa contact sy langsung di 0898.993.8829 untk komunikasi biar lebih cepat…

    Thanks,

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: