RSS

Hoby bikin kaos sendiri ?

09 Aug

Anda punya hoby bikin kaos sendiri ?

Kalau sahabat suka membuat kaos sendiri tapi tidak tahu komponen apa saja yang harus disediakan, berikut barang-barang yang diperlukan untuk membuat kaos/ t-shirt:

1. Bahan Kaos

Saat ini banyak bertebaran bahan/ kain untuk dijadikan t-shirt atau kaos. Diantaranya ada Combed, Carded, TC, CVC, SPL, Hyget dll. Untuk Polo atau Wangky ada bahan Lakos dan Pique. Tinggal pilih saja, yang mana yang sahabat sukai. Tentu saja dengan kelebihan dan kekurangannya. Bahan untuk t-shirt biasanya dijual dalam satuan kilogram, bukan meter/ yard seperti layaknya kain-kain lainnya. Hal ini mungkin dilakukan untuk memperkecil kesalahan perkiraan kebutuhan bahan untuk t-shirt, karena bahan ini sifatnya flexible (melar), sehingga kalau diukur dengan menggunakan satuan meter, bisa mengakibatkan kelebihan atau bahkan kekurangan pada saat menakar. Penting untuk sahabat ketahui adalah kebutuhan kain. Biasanya untuk ukuran S/M/L, 1 Kg bahan kaos 20’S bisa dijadikan kurang lebih 3 atau 3,5 buah kaos. Tergantung dari tipis/ tebalnya bahan yang akan digunakan.

2. Label

Adalah bagian yang memuat identitas produk (Merk). Biasa ditempelkan (dijahit) di leher belakang bagian dalam T-Shirt. Ada juga yang menempelkannya disamping luar sebelah kanan bawah atau bahkan untuk t_shirt lengan pendek, ada yang metempelkannya tepat diujung lengan kanan (sejajar dengan bahu). Untuk saat ini, banyak juga label dibuat dari tinta yang disablonkan ke bagian belakang t_shirt, sedikit dibawah jahitan leher.

3. Hang Tag

da beberapa bahan yang digunakan untuk Hang Tag. Antara lain, dupleks (kerta tebal), mika, fiber, atau plastic agak tebal dan kaku. Gunanya untuk menyampaikan informasi lainnya seperti harga, identitas produk, ukuran, kode barang, bahkan untuk contact person produsen. Penempatannya digantung pada kaos dengan enggunakan benang agak besar atau tali plastic yang banyak tersedia. Bisa dibeli di toko-toko yang menjual alat-alat jahit, toko buku, atau toko yang menjual accessories yang berhubungan dengan konveksi.

4. Mesin Jahit

Obras, Overdeck, dan Mesin Potong. Untuk hanya sekedar hoby, sangat tidak efektif kalau sahabat harus membeli alat-alat menjahit. Karena selain memerlukan 3 buah mesin seperti judul diatas, juga tentu saja harganya relative mahal. Kecuali kalau sahabat ingin mengembangkannya untuk usaha. Lantas bagaimana solusinya ? Di Bandung banyak tersebar tempat maklun untuk membuat kaos, sahabat bisa menggunakan jasanya. Biaya menjahit di maklun antara Rp.4.500 – Rp.6.000,- per-pcs.

5. Design.

Ada bagusnya kalau sahabat ingin menuangkan ide design dan menuangkannya keatas kaos yang ingin sahabat gunakan sendiri, pasti keren !! karena design itu sesuai dengan selera sahabat sendiri. Tapi harus hati-hati ketika sahabat menuangkan design untuk konsumsi orang lain alias untuk usaha. Karena adakalanya cocok menurut anda, tapi belum tentu menurut pasar. Bagus menurut kita belum tentu bagus menurut orang lain. Lakukan sedikit survey untuk mengetahui selera/ trend pasar, bukan selera kita sendiri. Untuk menuangkan design, sahabat tidak usah memikirkan dulu alat-alat sablon, karena untuk melakukan penyablonan sahabat bisa mencari dan pergi ke tempat-tempat maklun sablon seperti halnya maklun jahit. Dan apabila sahabat ingin mengembangkannya menjadi suatu usaha, sahabat bisa belajar dari mereka. Asal sabahat tekun, mau belajar, dan tetap berdoa, tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan. Kecuali shabat malas untuk belajar..

Selamat berkarya..

 
Leave a comment

Posted by on 9 August 2013 in Hoby Kaos

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: